Jalan Palopo-Toraja Terputus, Gubernur NA: Sudah Lama Kita Ingatkan Warga


FAJAR.CO.ID MAKASSAR– Kemarin, Jumat (26/6/2020) longsor membuat jalan nasional yang menghubungkan Palopo-Toraja terputus , tepatnya di Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo.

Menurut informasi, jalan nasional itu putus total akibat tanah longsor setelah hujan mengguyur daerah di daratan tinggi Kota Palopo sejak dini hari hingga siang.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah telah mengimbau warga sekitar untuk tidak lagi bermukin di daerah tersebut. Pasalnya ia mengaku sempat meninjau lokasi beberapa minggu yang lalu.

“Kami sudah tinjau beberapa minggu yang lalu, kita sebelumnya juga sudah imbau warga untuk tidak lagi bermukim di sana. Nah mungkin salah satu penyebab dugaan sementara, tentu pasti ada perubahan penggunaan lahan jadi pengalih fungsi lahan yang terjadi diatas, didukung curah hujan yang tinggi,” ungkap Nurdin Abdullah

Ia mengatakan, sebelum musibah terjadi pemerintah telah membuka jalur baru dari Rantepao ke Bua yang lebih dekat dan medannya juga tidak terlalu ekstrim bagi pengendara baik motor maupun mobil.

“Yang pasti saya sudah dapat laporan dari bapak Walikota Palopo. Dan Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada korban jiwa tentu kita berharap teman-teman dari Balai Jalan Nasional bisa segera mengambil langkah langkah disana, kita tetap pantau terus perkembangan disana” jelasnya.

“Harapan kita tentu BPBD juga akan segera turun disana teman-teman PU kita juga punya UPT disana ikut membantu dan saya yakin balai jalan Nasional sudah bergerak,” tambahnya. (anti/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar

Saksikan video berikut: