Infeksi Global Covid-19 Dekati Angka 10 Juta, Kematian Capai 497 Ribu Jiwa

Kasus corona di Amerika Serikat dan negara lain di benua Amerika dan Eropa terus menanjak.

FAJAR.CO.ID -- Kasus global infeksi virus corona mendekati 10 juta pada hari Minggu (28/6). Menurut penghitungan Reuters, jumlah ini menandai rekor dalam penyebaran penyakit pernapasan yang sejauh ini telah menewaskan hampir setengah juta orang dalam tujuh bulan.

Angka itu kira-kira dua kali lipat jumlah penyakit influenza parah yang dicatat setiap tahun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Rekor ini membuat perubahan besar pada kehidupan sosial dan ekonomi yang dapat berlangsung sampai vaksin tersedia seperti dilansir dari Channel News Asia, Minggu (28/6/2020).

Beberapa negara mengalami lonjakan infeksi, hingga ancaman gelombang kedua. Sampai vaksin belum tersedia, para ahli memperkirakan wabah bisa berulang beberapa bulan mendatang dan hingga 2021.

Amerika Utara, Amerika Latin, dan Eropa, masing-masing menyumbang sekitar 25 persen kasus. Sementara Asia dan Timur Tengah masing-masing memiliki sekitar 11 persen dan 9 persen.

Sejauh ini, ada lebih dari 497 ribu kematian. Bahkan Tiongkok sedang mengalami gelombang kedua pandemi. Brasil dan Amerika Serikat masih terus berjuang dengan angka kasus yang fantastis.

Brasil melaporkan rekor 54 ribuan kasus baru pada 19 Juni. Beberapa peneliti mengatakan jumlah kematian di Amerika Latin bisa meningkat menjadi lebih dari 380 ribu jiwa pada Oktober, dari sekitar 100 ribu pekan ini.

Amerika Serikat, yang telah melaporkan kasus terbanyak yakni lebih dari 2,5 juta, berhasil memperlambat penyebaran virus pada bulan Mei. Sementara di beberapa negara termasuk negara miskin masih menghadapi kendala dengan kemampuan pengujian terbatas. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...