Sosialisasi dan Edukasi Protokol Kesehatan di Pasar, PD Pasar Libatkan TNI Polri

Minggu, 28 Juni 2020 16:52

Dirut PD Pasar, Basdir

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PD Pasar Makassar Raya melibatkan TNI dan Polri saat melakukan sosialisi dan edukasi kepada masyarakat untuk selalu memerhatikan protokol kesehatan di pasar.

Dirut PD Pasar, Basdir menilai, keterlibatan TNI Polri yang tersebar di beberapa pasar untuk sosialisasi membuat tingkat kepatuhan masyarakat meningkat. Apalagi caranya tidak kasar dan lebih persuasif.

“Sekarang ini kita terbantu sekali dengan adanya bapak bapak dari TNI. Di 10 pasar besar kami itu, 12 hingga 15 orang per pasar. Kami terus terang sangat terbantu karena cara prajurit TNI sopan,” ucapnya, Minggu (28/6/2020).

Apalagi kata Basdir, psikologi masyarakat jika melihat seragam aparat membuat proses edukasi tidak sulit. “Tetapi kan masyarakat kalau lihat pakaian loreng segan, jadi kita alhamdulillah terbantu sekali,” paparnya.

Kata Basdir, sosialisasi di pasar merupakan tantangan tersendiri bagi pihak pd pasar. Dikatakan, butuh kesabaran dalam menghadapi para pengunjung dan pedagang.

“Pengunjung pasar beda dengan mal, kalau di pasar rata-rata pengunjungnya rata-rata tua, ibu-ibu umur 40an ke atas. Kalau di mal anak-anak muda banyak. Kemudian dari sisi pendidikan mohon maaf tingkat pendidikan juga di pasar juga kita tau pedangan maupun pengunjung kadang kadang di masih di bawah,” ucapnya.

“Ini menjadi tantangan PD Pasar beserta aparat yang lain tidak bisa bosan kalau mereka diedukasi, diimbau, diingatkan. Kalau kita mau layani tidak bisa tegang tapi kita lakukan pendekatan persuasif ini. Nanti dengan sendiri lama-lama bisa menjadi kesadaran kolektif pedagang maupun pengunjung,” tutupnya. (ikbal/fajar)

Bagikan berita ini:
9
8
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar