Jaksa Agung akan Evaluasi JPU Perkara Penyiraman Novel Baswedan

Senin, 29 Juni 2020 17:26

Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Jaksa Agung ST Burhanuddin menyampaikan, pihaknya akan mengevaluasi jaksa penuntut umum (JPU) yang memegang perkara penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Sebab, tuntutan satu tahun penjara terhadap terdakwa Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis menuai polemik.

“Nanti kami akan evaluasi juga. Karena itu tidak sampai di saya berkas tuntutannya. Tapi akan saya minta, karena jaksa itu menuntut harus berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di sidang,” kata Burhanuddin dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/6).

Kendati demikian, Burhanuddin mengaku pihaknya tidak mungkin menyalahkan jaksa yang memegang perkara penyerangan terhadap Novel. Dia meyakini, tuntutan satu tahun penjara terhadap terdakwa berdasarkan fakta persidangan.

“Kami tidak menyalahkan juga jaksanya, karena biasanya jaksa ini menuntut berdasarkan fakta-fakta di persidangan,” beber Burhanuddin.

Namun, jika sudah ada putusan hakim soal kasus penyerangan terhadap Novel, pihaknya akan mengevaluasi dimana letak kesalahan tuntutan.

Bagikan berita ini:
7
7
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar