Jokowi Ancam Ganti Menteri, Gubernur Sulut Jadi Perbincangan

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, MANADO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak ragu untuk mengambil langkah extra ordinary dalam penangangan Covid-19. Tak terkecuali melakukan reshuffle alias perombakan Kabinet Indonesia Maju.

Jika perombakan kabinet benar-benar terjadi, bukan tidak mungkin Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, bakal masuk ke dalam kabinet. Tahun lalu nama OD sempat masuk dalam bursa Kabinet Indonesia Maju. Meski pada waktu itu OD tetap memilih untuk tetap mengabdi bagi masyarakat Sulut sebagai gubernur, namun jika ditugaskan partai, diprediksi OD tak bisa menolak.

Jika OD benar-benar masuk kabinet, peta politik dalam pertarungan pemilihan gubernur (pigub) Sulut akhir tahun ini, diprediksi juga akan berubah. Menurut Pakar Pemerintahan Dr Jhony Lengkong, jika OD naik sebagai menteri, tentunya peluang bakal calon lain semakin besar.

Arah politik di kursi gubernur juga semakin terbuka luas. “Ya kalau OD itu naik ke kursi menteri, maka persaingan terbuka dan bebas. Peluang bakal calon lain juga sama rata. OD dengan kekuatan figur serta solidnya PDIP, saya amati masih terlalu kuat di Sulut,” ungkapnya.

Namun akademisi Fispol Unsrat tersebut menilai, bahwa peluang saat ini untuk OD naik ke kursi menteri sangat kecil, dan bahkan belum bisa terjadi. “Kalau analisis naik ke kursi menteri, bagi saya belum sampai ke situ. Karena OD-SK itu telah mengantongi restu dari PDIP. Dan untuk peluang naiknya OD sebagai menteri, harus menunggu reshuffle kabinet. Dan itu belum akan terjadi dalam waktu dekat. Saya rasa OD, tetap bertahan untuk mengikuti kontestasi Pilkada,” ujarnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...