Jokowi Ancang-ancang Reshuffle, Warganet Sodorkan Susi, Jonan, dan Dahlan Iskan

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- Presiden Joko Widodo melontarkan teguran keras terhadap para menteri karena dinilai lamban dan minim gebrakan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Bahkan, mantan wali kota Solo itu menggertak akan membubarkan lembaga atau mencopot para menteri. Hal itu ditegaskannya saat membuka sidang kabinet pada Kamis (18/6/2020) lalu.

"Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya," kata Jokowi di hadapan para menteri dalam video yang diunggah di saluran Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (28/6/2020).

Perlu diketahui, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden. Selain itu juga sebagai instrumen untuk melakukan evaluasi atas kinerja menteri.

Berbagai kalangan berharap teguran Jokowi bisa memacu kinerja dan kekompakan seluruh jajaran kabinet, dan seluruh lembaga negara yang berkaitan dengan fungsi perekonomian negara.

Menyinggung soal reshuffle kabinet, warganet turut bereaksi dan mengutarakan pendapatnya terkait menteri yang layak diganti serta sosok tepat yang seharusnya membantu Jokowi di kabinet Indonesia Maju.

Mayoritas netter mendorong Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Mantan Menteri BUMN era SBY-Budiono, Dahlan Iskan masuk dalam susunan kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Ketiga tokoh ini dianggap memiliki track record baik, pekerja keras, berintegritas dan aksi nyata di bidangnya masing-masing.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...