Jokowi Berniat Reshuffle Kabinet, Ujang Komarudin: Ada Menteri Tak akan Bisa Tidur

Direktur Indonesia Political Review Ujang Komaruddin-- dok jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai para menteri Kabinet Indonesia Maju yang kinerjanya jeblok selama pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19), tidak bisa tidur nyenyak.

Sebab, mereka dihantui kemungkinan dicopot dari jabatan alias terkena reshuffle. Menurut Ujang, pergantian menteri bakal terjadi setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan pernyataan di rapat kabinet 18 Juni 2020. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyinggung pergantian menteri.

"Pernyataan yang keras tanpa tedeng aling-aling dan itu membuat para menteri yang jeblok kinerjanya tak akan bisa tidur karena takut di-reshuffle," ucap Ujang dalam pesan singkatnya kepada jpnn.com, Senin (29/6).

Ujang memprediksi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto kemungkinan besar diganti. Selain itu, beberapa menteri yang mengurusi sektor ekonomi akan terjadi perubahan nama.

Jokowi, kata Ujang, telah memberikan sinyal kurang puas terhadap kinerja Terawan dan menteri bidang ekonomi selama pandemi. Sinyal itu disampaikan pada saat rapat kabinet 18 Juni 2020.

"Kan, Menkes serapan anggarannya rendah. Langsung dibilang Jokowi juga dan tim menteri ekonomi. Itu, kan, tak siap dalam menghadapi COVID-19. Akhirnya kedodoran," pungkas dia.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi melontarkan pernyataan keras di rapat kabinet 18 Juni 2020. Jokowi akan mengambil langkah luar biasa menanggulangi pandemi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...