Sambut PPDB, Ini yang Dilakukan Disdik Makassar

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Amalia Malik

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makasar sudah mematangkan persiapan menyambut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 yang akan dimulai 1 Juli mendatang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Amalia Malik, memastikan jalur zonasi yang akan diterapkan akan melebihi kuota 50 persen. Di Mana hal ini sesuai dengan aturan Permendikbud.

"Kita tetap mengacu pada permendikbud nomor 44 bahwa dikatakan jalur zonasi minimal 50%, itukan tergantung pada pemerintah daerah masing-masing," ucapnya, Senin (29/6/2020).

Sementara kuota yang disiapkan zonasi tergolong besar hingga 80 persen untuk sekolah dasar (SD) dan 70 persen untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sementara sisanya untuk jalur prestasi.

"Kalau untuk kita khusus untuk jalur zonasi SD kita prioritaskan untuk sampai ke 80%, kalau untuk SMP 70% karena ada jalur prestasi untuk jalur SMP sehingga ada pengurangan 10%," tambahnya.

Kendati menerapkan sistem zonasi, menurut Amalia, hal lain yang daperhatikan dalam PPDB nanti adalah usia. Jika ada dua calon siswa rumahnya berdekatan, maka yang diambil calon siswa usia yang lebih tua.

"Untuk batasan usia tetap ada sesuai dengan permendikbud 2019 tetapi itu usia apabila dijalur zonasi itu nanti akan ada jarak yang berdekatan sehingga kita harus masuk ke pasal berikutnya bahwa yang dipilih adalah yang usianya lebih tua," sambungnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...