Anis Matta: Situasi Nasional Menunjukkan Tahap Negara Gagal

Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Muhammad Anis Matta mewanti-wanti pemerintah mengenai dampak pandemi Covid-19. Pasalnya bisa berakibat Indonesia menjadi negara gagal. (dok Gelora)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Muhammad Anis Matta mewanti-wanti pemerintah mengenai dampak pandemi Covid-19. Pasalnya bisa berakibat Indonesia menjadi negara gagal.

Hal ini dikatakan Anis Matta setelah beredarnya video Presiden Jokowi memarahi para menterinya saat Rapat Kabinet pada 18 Juni 2020 di Jakarta, Senin (29/6) malam.

“Situasi nasional sekarang sudah menunjukkan tahap negara gagal, apa yang beliau sampaikan (Presiden Joko Widodo, red) nampak negara sudah kehilangan efektifitasnya,” kata Anis Matta dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Selasa (30/6).

Menurut Anis Matta, apabila banyak instrumen seperti yang disampaikan Presiden Jokowi tidak ada progresnya, maka efektifitas sebuah negara mulai dipertanyakan.

“Ini peringatan serius buat pemerintah, secara jujur harus dievaluasi, apakah kabinet Jokowi saat ini, kabinet pesta atau kabinet kerja. Ini serius karena satu dari tiga tanda negara gagal, Indonesia sudah memasukinya,” katanya.

Anis Matta menegaskan, ada tiga jebakan yang harus dihindari pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin agar terhindar sebagai negara gagal, bahkan kolaps.

Jebakan pertama adalah kapasitas, khususnya leadership (kepemimpinan) nasional. Jebakan kedua mengenai keamanan dimana terjadinya kontraksi antara kebebasan domokrasi versus pengendalian sosial (kontrol negara terhadap publik).

“Jebakan ketiga adalah jebakan legitimasi publik dan koalisi partai pemerintah yang sudah nampak mulai menyelamatkan diri masing-masing,” ungkapnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...