China dan India Memanas, TikTok hingga WeChat Ikut Diblokir

Selasa, 30 Juni 2020 14:06

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, NEW DELHI– Pemerintah India memblokir 59 aplikasi yang terhubung ke Cina. Puluhan aplikasi itu dianggap menimbulkan ancaman bagi keamanan dan kedaulatan negara tersebut. TikTok, UC Browser, WeChat, dan SHAREiT termasuk dalam aplikasi yang diblokir.

Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India mengungkapkan pihaknya telah menerima banyak keluhan dari berbagai sumber, termasuk beberapa laporan tentang penyalahgunaan sejumlah aplikasi seluler yang tersedia di platform Android dan iOS.

Contoh penyalahgunaan itu adalah pencurian data pengguna. Data tersebut kemudian ditransmisikan secara ilegal ke server di luar India. Tindakan itu dianggap membahayakan keamanan dan pertahanan nasional India.

“Mengingat sifat ancaman yang muncul, (Kementerian Teknologi Informasi) telah memutuskan memblokir 59 aplikasi karena mengingat informasi yang tersedia, mereka terlibat dalam kegiatan yang merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara, dan ketertiban umum,” kata Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India dalam keterangannya, dikutip laman Anadolu Agency, Selasa (30/6).

Beberapa menit setelah penguman itu, akun TikTok pemerintah India MyGov dinonaktifkan. Akun tersebut memiliki 1,1 juta pengikut.

Bagikan berita ini:
1
8
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar