Dua WNI Ditahan di Malaysia karena Mengaku Warga Sunda Empire

Selasa, 30 Juni 2020 16:41

Dua orang perempuan yang mengaku sebagai anggota keluarga bangsawan dari kerajaan "Sunda Empire" ditahan di Malaysia sel...

“Imigrasi Malaysia mengatakan status mereka stateless,” kata Agung seraya menambahkan kedua perempuan itu berbicara bahasa Inggris dan berkomunikasi dengan baik.

Pengacara yang mewakili Sunda Empire, Erwin, seperti dikutip dari Kompas.com membenarkan penahanan keduanya sejak tahun 2007 dengan alasan penahanan karena keduanya mereka dianggap stateless atau tidak berkewarganegaraan.

“Mereka ini tahanan, tapi statusnya stateless atau tak punya kewarganegaraan. Ketika ditanya apakah warga negara Indonesia, dia bukan WNI. Apakah punya negara khusus, katanya warga ‘Sunda Empire’,” kata Erwin seperti dikutip Kompas.

Erwin menjelaskan bahwa Fathia Reza dan Lamira Roro merupakan putri dari Perdana Menteri “Sunda Empire” Nasri Banks, dari ibu bernama Raden Ratna Ningrum.

Nasri Banks, bersama beberapa petinggi “Sunda Empire”, sempat diperiksa polisi dan ditetapkan sebagai tersangka menimbulkan keonaran dan menyebarkan berita bohong pada bulan Januari 2020.

Kemunculan “Sunda Empire” sendiri sempat menjadi perbincangan sesudah pemimpinnya Ki Ageng Ranggasasana memproklamirkan diri melalui video di YouTube.

Bagikan berita ini:
1
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar