Jokowi Marah, Ini Padangan Ferdy Hasiman pada Menkumham, Mentan, Menteri BUMN, Menteri ESDM, dan Menteri Perikanan

  • Bagikan

Sementara itu terkait kinerja Menteri BUMN, Ferdy menilai gebrakan Erick Thohir di awal menjabat sudah cukup menjanjikan.

"Jika merujuk pada dua atau tiga bulan awal masa pemerintahan Jokowi jilid dua, Erick Thohir termasuk salah satu menteri yang memiliki gebrakan cukup bagus. Erick berani merombak birokrasi atau eselon yang panjang di kementerian BUMN," katanya.

Meski demikian, Ferdy mengakui, belakangan kinerja Erick banyak disorot, terkait penempatan sejumlah nama di perusahaan-perusahaan pelat merah. “Erick saya kira tak perlu diganti, tetapi perlu menghindari benturan-benturan kepentingan, agar tak diserang partai politik," katanya.

Ferdy juga mengatakan belum melihat gebrakan apa-apa dari Kementerian ESDM. Menurutnya, sektor ESDM perlu diisi menteri yang kompeten, berani melawan mafia migas dan mampu menjawab tantangan di sektor energi.

"Untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan, kami menilai sejak ditinggalkan Susi Pudjiastuti, mundur luar biasa. Berbagai kebijakan kontroversi seperti ekspor lobster dan centang adalah langkah mundur," katanya.

Selain itu, kinerja Susi yang sebelumnya gencar membasmi illegal fishing, juga dinilai tak lagi terdengar sejak Susi tak lagi menjabat. "Saya kira, keberanian Jokowi mengganti menteri yang tak berkinerja baik, menjadi momentum berharga agar Indonesia bisa melompat maju ke depan," pungkas Ferdy. (jpnn/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan