Makassar Episentrum Penyebaran, Gubernur Sulsel Anjurkan Skenario Surat Kesehatan Antar Daerah

Ilustrasi COVID-19. Foto: diambil dari pixabay

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, mengatakan, surat keterangan bebas Covid-19 antar daerah harus dijadikan skenario baru bagi seluruh bupati/wali kota se-Sulawesi Selatan.

"Jangan hanya bandara yang pakai surat kesehatan tetapi antar daerah juga supaya orang Makassar yang mau ke daerah sehat, begitu pun dari luar mau ke Makassar," ucapnya, Selasa (30/6/2020).

Ia membeberkan, meski tingkat Rt di Sulsel sudah mencapai angka 1 kata dia, kerjasama antar pemerintah daerah harus ditingkatkan.

"Khawatirnya kita selama sekian bulan kita bisa kendalikan, tapi sekarang ini kita kecolongan mungkin, ini langkah langkah yang harus dilakukan bagaimana kita kembali melakukan upaya memastikan orang orang yang berkeliaran bukan orang yang berpotensi menularkan, ini terjadi karena transmisi lokal karena tidak patuh, tidak disiplin, tidak percaya bahwa corona berbahaya," bebernya.

Lebih jauh ia berharap edukasi dan sosialisasi secara masif bisa lebih ditingkatkan dengan bekerjasama bersama seluruh stackholder dan bersiap untuk memasuki era New Normal artau tatanan hidup baru.

"Tentu kita juga harus mempersiapkan tidak akan mungkin berakhir sebelum vaksin kita temukan yang harus dilakukan kedepan adalah fase new normal kita harus betul betul melakukan tatanan hidup baru, nah inilah yang berat yang akan kita hadapi kedepan, kasus positif naik di Sulsel itu karena kita sudah jenuh tinggal di rumah tiba tiba keluar dengan tanpa mengindahkan protokol kesehatan makanya selain tracing dan testing, edukasi juga sangat dibutuhkan," tutupnya. (anti/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...