Pencetus Bank Syariah Pertama Haji Saeed bin Ahmed Al Lootah Meninggal

Pencetus bank Islam pertama di dunia, Haji Saeed bin Ahmed Al Lootah. Foto: Twitter

FAJAR.CO.ID, ABU DHABI - Dunia perbankan berduka, pendiri bank syariah pertama di dunia Dubai Islamic Bank, yakni Haji Saeed bin Ahmed Al Lootah meninggal dunia di usia 97 tahun.

Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirate Arab Sheikh Mohammed bin Rashid mengucapkan rasa duka yang mendalam, atas meninggalnya pengusaha asal Uni Emirat Arab (UEA) itu.

"Haji Saeed Ahmed Al Lootah. Pedagang yang memulai usahanya dari nol. Dia mendirikan bank Islam pertama di dunia, dan dia pedagang yang memiliki jejak dalam perekonomian Dubai," kata Sheikh Mohammed seperti dikutip dalam akun Twitter miliknya.

"Semoga Allah merahmati jiwanya dan memberikan kekuatan, kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan," sambung Sheikh Mohammed.

Saeed mendirikan Dubai Islamic Bank pada 1975, dengan tujuan membantu bisnis-bisnis dengan sistem keuangan berdasarkan atas hukum Islam. Saeed juga membangun bisnisnya di pelbagai sektor mulai dari kelautan, farmasi hingga pendidikan dengan mempertahankan standar etika dan hukum Islam.

Melalui ikhtiar bisnis yang dia bangun, Saeed juga dianugerahi EFICA Lifetime Achievement Award untuk kontribusi pada perbankan syariah.

Berbagai gelar kehormatan juga diberikan kepada Saeed, baik dari universitas di AS maupun Rusia. (gulf news/mg8/jpnn/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...