Peran Tokoh Jadi Figur Sentral Pilwali Makassar, Ini Paslon yang Mesti Waspada

Suasana diskusi politik.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sejumlah tokoh Sulsel memiliki peran penting di belakang bakal calon Pilwalkot Makassar. Nyaris semua bakal calon bergantung pada sosok tersebut.

Di antaranya sosok Aksa Mahmud ataupun JK di kubu Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando, mantan wali kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin di kubu Syamsu Rizal-Fadli Ananda, Menteri Pertanian yang juga mantan Gubernur Syahrul Yasin Limpo maupun Nurdin Halid di kubu Irman YL-Andi Zunnun Halid.

Begitu juga sosok Ketua Nasdem, Rusdi Masse (RMS) yang saat ini memberi rekomendasi ke Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati. Namun, melihat konstalasi tokoh di belakang layar para bakal calon ini, kemungkinan masih akan tereduksi kepada tiga calon bahkan bisa saja menyajikan head to head. “Paling banyak tiga, bahkan bisa saja dua paslon mungkin,” kata Pakar Politik dari Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr Luhur Andi Prianto, Selasa, 30 Juni 2020.

Ia cukup yakin Pilwalkot Makassar Desember 2020 mendatang tidak akan diikuti empat atau lebih pasangan calon. Maka, salah satu nama di atas bakal tersingkir. Para elite tokoh lokal dan nasional tersebut masih mungkin memainkan dramaturqi sebelum pendaftaran calon, September mendatang.

Danny mesti waspada bila akhirnya Nasdem mengalihkan dukungannya ke Irman YL (None), atau sebaliknya calon lain yang ditinggalkan koalisinya. Mengingat kedekatan RMS dan None maupun SYL.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...