Anies Perpanjang PSBB Transisi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok Diskominfotik DKI Jakarta)

FAJATR.CO.ID,JAKARTA– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi yang akan berakhir pada Kamis (2/7) besok. Keputusan ini diambil setelah Pemprov DKI menggelar rapat bersama Gugus Tugas Peecepatan Penanganan Covid-19 Jakarta dan para pemangku kepentingan lainnya.

Anies menjelaskan, kebijakan ini diambil karena Pemprov menilai penularan Covid-19 masih terjadi. Bahkan Reproduction Number (R0) di DKI Jakarta masih pada kisaran 1, atau masih sama dengan bulan lalu.

“Kesimpulan rapat Gugus Tugas tadi PSBB transisi artinya semua kegiatan masih berlangsung 50 persen akan diteruskan 14 hari ke depan, dan kita akan evaluasi sesudah perkembangan terbaru,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (1/7).

Anies menuturkan, perpanjangan PSBB masa transisi pun didasari atas 3 aspek lainnya. Yakni epidemiologi, kesehatan masyarakat, dan fasilitas publik. Berdasarkan kajian Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, angka ketigas unsur tersebut untuk DKI Jakarta yaitu 71.

Angka tersebut masih di atas nilai minimal 70 untuk syarat pelonggaran dilakukan. Maka dengan PSBB transisi dilanjutkan 14 hari, diharapkan poin indikator tersebut bisa dapat ditingkatkan lagi.

Kendati demikian, ada 2 lokask yang akan diperketat pada perpanjang PSBB masa transisi. Yakni pasar tradisional dan Kereta Rel Listrik (KRL). Kedua lokasi tersebut dianggap belum dapat dikendalikan potensi penularan Covid-19.

Komentar

Loading...