Buntut Karyawan Dirumahkan, Serikat Pekerja RSI Faisal Lakukan Aksi

Suasana aksi unjuk rasa karyawan RSI Faisal.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Serikat Pekerja Rumah Sakit Islam (RSI) Faisal menggelar aksi damai sebagai protes akibat dirumahkannya ratusan karyawan beberapa waktu lalu.

Ketua Serikat Pekerja RSI Faisal, Irham Tompo, mengatakan, aksi damai ini berawal dari keresahan pegawai lantaran pihak manajemen RS tak memperhatikan hak-hak mereka.

“Piihak managemen RSI Faisal merumahkan 157 pegawai dengan batas waktu yang tak ditentukan,” kata Irham di halaman RS Islam Faisal, Rabu (1/7/2020).

“Ada pemotongan gaji sebanyak 50 persen dan tak melakukan koordinasi dengan pihak serikat pekerja,” sambungnya.

Irham mengatakan, bila aksi hari ini tak mendapat respons dari pihak manajemen RS, pihaknya akan terus menggelar aksi mogok hingga waktu yang tak ditentukan. “Sampai menemukan hasil musyawarah dari pihak manajemen,” tegasnya.

Sementara Penasihat Hukum Yayasan dan RSI Faisal, Mursalin R Mhangun mengatakan, kebijakan yang diambil dengan merumahkan karyawan dan memberikan gaji tidak full kepada karyawan, berdasarkan keputusan yayasan dan keputusan yayasan itu didasarkan atas keadaan yang dialami rumah sakit.

“Itu kan sebelum disampaikan ke mereka, sebelum diberlakukan, sudah dilakukan sosialisasi. Sudah ada empat kali, empat hari berturut-turut sosialisasi. Itu lengkap berita acaranya, lengkap semua notulennya,” ucapnya.

Menurutnya, status karyawan dirumahkan yang sebagian merupakan karyawan rumah sakit. Jika nanti kondisi normal, RS kembali normal, mereka akan dipanggil kembali.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar