Covid-19 Meningkat, Harga Emas Dunia Mendekati Level Tertinggi

ILUSTRASI emas. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID — Harga emas dunia kembali naik di dekat level tertingginya. Pendorong kenaikan harga emas masih terkait dengan lonjakan kasus Covid-19 di dunia, terutama di Amerika Serikat. Hal tersebut membebani harapan investor terhadap percepatan pemulihan ekonomi dan mendorong investasi yang berisiko rendah seperti emas.

Mengutip laman Reuters, Rabu (1/7), harga emas di pasar spot naik 0,1 persen menjadi USD 1.782,21 per ounce pada pukul 08.15 WIB. Sementara, emas berjangka Amerika Serikat melemah 0,1 persen menjadi USD 1.799,30 per ounce.

Sebagai informasi, kasus Covid-19 di Amerika Serikat bisa lebih dari dua kali lipat menjadi 100 ribu per hari jika lonjakan saat ini semakin tak terkendali. Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, dan Chairman Federal Reserve, Jerome Powell telah berjanji untuk berbuat lebih banyak bagi ekonomi Amerika Serikat ketika berjuang menghadapi dampak luar biasa dari wabah virus tersebut.

Investasi emas cenderung mendapatkan keuntungan dari langkah-langkah stimulus bank sentral karena secara luas dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang. Di sisi lain, kepercayaan pabrikan Jepang merosot pada kuartal kedua ke level yang tidak terlihat sejak krisis keuangan global 2009, menggarisbawahi kerusakan akibat pandemi virus Covid-19.

Ditambah sentimen dari dalam ekuitas global terguncang setelah Beijing merilis undang-undang keamanan nasional baru untuk Hong Kong, yang mengindikasikan masa depan yang lebih otoriter, mendorong Amerika Serikat untuk mulai menghilangkan status khusus kota tersebut.

Komentar

Loading...