Kelanjutan Kasus Zumi Zola, Tiga Mantan Legislator Jambi Ditahan di Rutan TNI

KPK menahan tiga mantan legislator DPRD Jambi. FOTO: FAISAL R. SYAM / FAJAR INDONESIA NETWORK.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menahan tiga anggota DPRD Jambi dalam kasus suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2017 dan 2018, Selasa (30/6). Sepekan lalu, dua pimpinan dan seorang anggota DPRD Jambi juga ditahan dalam kasus yang sama.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar menyebutkan, tiga mantan anggota DPRD Jambi yang ditahan tersebut adalah Cekman (C) dari Fraksi Restorasi Nurani, Parlagutan Nasution (PN) Fraksi PPP, dan Tadjudin Hasan (TS) Fraksi PKB. Mereka akan ditahan untuk 20 hari ke depan.

“Hari ini untuk kepentingan penyidikan, KPK menahan tiga orang tersangka selama 20 hari pertama mulai 30 Juni 2020 sampai 19 Juli 2020 di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur,” kata Lili Pintauli saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/6).

Dikatakannya, sebelum masuk rumah tahanan (Rutan)Pomdam Jaya, tiga tersangka akan terlebih dahulu menjalani isolasi mandiri. “Mereka akan diisolasi selama 14 hari di Rutan KPK Kavling C1,” katanya.

Tiga anggota DPRD Jambi tersebut sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka sejak 28 Desember 2018. Mereka ditetapkan sebagai tersangka bersama 10 orang lainnya. Kini tujuh diantaranya telah menjadi terpidana setelah divonis hakim dan mempunyai hukum tetap, salah satu diantaranya mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola.

Dijelaskan Lili, tiga tersangka tersebut disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke (1) KUHP jo pasal 65 ayat (1) KUHP.

Komentar

Loading...