Masterplan Ibu Kota Negara Baru Ditender, PKS: Ini Masih Pandemi, Harusnya Itu Bukan Prioritas

Politisi PKS yang juga anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati. (Dok DPR)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pemerintah terus menyiapkan pemindahan dan rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Meski di tengah pandemi Covid-19, pemerintah tetap fokus menyiapkan pemindahan IKN ke Kalimantan Timur.

Politisi PKS yang juga anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati menyoroti pembangunan IKN yang tertera dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tahun 2021.

“PKS betul-betul prihatin dengan rencana ini,” ungkapnya dalam rilisnya dikutip dari laman resmi DPR.go.id, Selasa (30/6/2020).

Politisi PKS itu juga mempertanyakan rencana Pemerintah melalui Kementerian PPN/Bappenas yang tetap menjalankan dan memproses rencana pemindahan IKN di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Hal lain yang dipertanyakan Anis, terkait informasi yang berkembang mengenai proses tender penyusunan masterplan IKN yang telah disiapkan dengan menggunakan dana sebesar Rp 85 miliar.

Dari berbagai informasi yang dihimpunnya, mengungkapkan dari dokumen sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik oleh LPSE, bahwa Satuan Kerja Kantor Menteri Negara PPN/Bappenas menyiapkan paket dengan kode 6740199 bernama Peyusunan Rencana Induk dan Strategi Pengembangan IKN Masterplan Ibu Kota Negara.

Paket ini disiapkan pada 24 Maret 2020 dengan metode penunjukan langsung dan APBN 2020. Adapun kategori yang mengikuti tender ini adalah Jasa Konsultasi Badan Usaha dan karena penunjukan langsung, maka hanya ada satu peserta. Akhir dari pendaftaran ini 24 April 2020.

Komentar

Loading...