Dapur Istana Amburadul, Fahri Hamzah Sebut Tiga Orang Ini Paling Bertanggungjawab

Fahri Hamzah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Aksi marah-marah Presiden Joko Widodo masih menjadi bahan perbincangan. Topik ini kemudian diangkat dalam acara Indonesia Lawyers Club di TV One.

Salah satu pembicara dalam kegiatan ini, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Fahri Hamzah yang mengatakan ada kekacauan di lingkaran Istana Kepresidenan.

Hal ini kemudian membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah dan kesal kepada para menteri saat Sidang Kabinet Paripurna, Kamis (18/6/2020). Menurut dia, memang sulit menilai kinerja negara karena negara itu organisasi yang besar.

Tapi, Fahri menilai kekacauan di sekitar istana itu terjadi sudah dari dulu. Periode pertama (2014-2019), Fahri mengatakan Presiden Jokowi pernah mengeluarkan Inpres Anti Gaduh Nomor 2 Tahun 2017.

"Inpres dibuat oleh Presiden karena sering antara menteri berantam, lalu dibuatlah Inpres Anti Haduh. Gaduh ini terus terjadi, sampai kemarin mudik gaduh juga antara menteri beda pendapat, menteri-menteri buat kebijakan sendiri," kata Fahri dikutip dari Youtube ILC, Rabu (1/7/2020).

Baca juga: Peringatan Keras Rudy ke ASN, Jangan Coba-coba Main-main di Pilwalkot!

Padahal, Fahri juga pernah menyampaikan bahwa Presiden Jokowi punya dapur yang harus kuat. Dapur yang dimaksud Fahri adalah Sekretariat Negara yang dipimpin oleh Pratikno, Sekretariat Kabinet Pramono Anung dan Kantor Staf Presiden dengan kepala Moeldoko. Maka, fungsi dapur ini harus memberikan data yang valid untuk Presiden Jokowi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...