Pemerintah Jamin Tarif Listrik Tak Akan Naik hingga Akhir Tahun

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tarif listrik hingga akhir tahun dipastikan tidak akan naik dan juga tidak ada penyesuaian.

Hal ini ditegaskan oleh Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulayana bahwa naiknya tarif listrik belakangan ini bukan karena pemerintah menaikkan tarif listrik. Namun memang adanya peningkatan pemakaian.

”Saya tekankan, sampai saat ini pemerintah tidak mengambil keputusan untuk menaikkan tarif listrik hingga akhir tahun. Jadi kalau ada kenaikan listrik itu karena kenaikan pemakaian,” katanya dalam video daring, kemarin (1/7).

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pengaduan soal layanan listrik, terutama soal subsidi listrik bisa melalui aplikasi Pengaduan kepesertaan subsidi listrik (Peduli).

“Sejak 2017 kami sudah sediakan saluran pengaduan berbasis web. Nah, untuk tahun ini kami lengkapi alat memudahkan aduan itu dengan luncurkan program peduli berbasis mobile,” ujarnya.

Terkait anggaran subsidi listrik untuk tahun depan dalam RAPBN 2021 mengalami penuruna dari tahun ini Rp54,79 triliun menjadi sebesar Rp50,47 hingga 54,55 triliun.

“Dengan penetapan kebijakan subsidi listrik tepat sasaran serta mendukung asumsi makro yang baik dan efisiensi PLN, subsidi listrik dan biaya pokok penyediaan dipastikan turun 2021,” tuturnya.

Terpisah, ekonom Universitas Perbanas sekaligus Direktur CORE Indonesia Piter Abdullah mengapresiasi kebijakan pemerintah yang tidak menaikkan listrik hingga akhir tahun ini.

Komentar

Loading...