Apple akan Tinggalkan Ponsel yang Memakai Charger


FAJAR.CO.ID — Apple, menurut berita yang beredar, akan meniadakan Charger (pengisi daya) dan earpods dalam paket pembelian iPhone. Meski banyak cibiran dan bahkan protes, sejumlah kalangan memandang langkah Apple sebagai keputusan jitu di masa mendatang.

Apple, misalnya, dengan rancana tersebut dinilai telah berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. Setidaknya, dengan tidak menyertakan Charger dan earpods, Apple telah membantu mengurangi E-Waste (sampah elektronik).

Berapa banyak Charger di rumahmu? Mungkin sebagian besar orang sudah memiliki Charger dan earpods sejak bertahun-tahun lalu. Bahkan mungkin kamu sudah menggunakan 3 sampai 4 iPhone sebelumnya. 

Tahukah Anda berapa banyak e-waste yang dapat dihemat dengan tidak menyertakan Charger dan earpod bagi yang sudah pernah memiliki iPhone generasi sebelumnya?

Sebagai ilustrasi, tahun lalu Apple memproduksi 1,5 miliar iPhone dan iPada. Itu hanya perangkat komunikasi mobile. Belum perangkat elektronik lainnya yang menggunakan Charger untuk mengisi dayanya.

Bila dihitung-hitung, kemungkinan ada 4 miliar pengisi daya yang diproduksi tahun lalu. Bila dikonversi dengan berat, setara dengan 300.000 ton limbah elektronik hanya dari Charger saja.  (*)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...