Bupati Kutai Timur Ditangkap, KPK Sita Uang Sebanyak Ini

Bupati Kutai Timur Ismunandar (IS) diamankan KPK (Dok Prokal/ JPG)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan barang bukti sejumlah uang ratusan juta dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang meringkus Bupati Kutai Timur, Ismunandar. Diduga uang yang disita tim satgas KPK senilai Rp 160 juta terkait dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Kutai Timur.

Terkait adanya penyitaan barang bukti, sebelumnya juga dibenarkan oleh Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolangno. Dia mengaku, tim penindakan KPK turut mengamankan sejumlah uang dalam operasi senyap yang berlangsung pada Kamis (2/7) malam.

“Diamankan sejumlah uang dan beberapa buku rekening bank,” kata Nawawi dikonfirmasi, Jumat (3/7).

Ismunandar bersama istrinya diamankan di sebuah hotel kawasan Jakarta pada Kamis (2/7) malam. KPK juga mengamankan beberapa pihak di Kutai Timur dan Samarinda.

“Ada pihak lainnya kami amankan di Kutai Timur dan Samarinda,” ujar Nawawi.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri membenarkan pihaknya menangkap Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur Ismunandar. Dia diamankan dalam operasi tangkap tangan yang digelar tim penindakan pada Kamis, 2 Juli 2020 malam.

Firli mengatakan, penangkapan tersebut diduga terkait tindak pidana korupsi pengadaan barang dan jasa di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur.

“Tadi malam ada giat tertangkap tanganya para pelaku korupsi berupa menerima hadiah atau janji dalam pengadaan barang dan jasa di salah satu kabupaten di wilayah Kalimantan Timur,” ujar Firli, Jumat (3/7).

Komentar

Loading...