Sebut Bacaan Alquran Felix Siauw Salah, Rais NU: Belajar Agama Lagi yang Benar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Ishomuddin mengkritik bacaan Alquran Ustaz Felix Siauw. Ahmad Ishomuddin membuat kritikan itu melalui sebuat tulisan di akun facebooknya dengan judul: Belajar Dulu Baca Alqurab dengan benar kepada para ahlinya sebelumnya menjadi ustaz.

“Baru-baru ini saya membuka Facebook, tidak sengaja menemukan sebuah video singkat Felix Siauw. Saya sengaja menontonnya karena merasa penasaran. Terlihat jelas konteksnya, Felix sedang bermaksud menafsirkan kata “hikmat” pada sila keempat Pancasila dengan mengutip Qs. al-Jumu’ah ayat 1 di hadapan beberapa orang berseragam putih-putih, sepertinya seragam “pasukan” FPI.” Tulis Ishomudiin dikutip pada Jumat (3/7).

“Mungkin saja motivnya agar ia sebagai tokoh ex-HTI tidak lagi dituduh sebagai orang yang anti Pancasila, ” sambung dia.

Dia menilai, Felix Siauw dalam menafsirkan ayat dalam surat Aljumaah telah terjadi kesalahan.

“Awalnya Felix bertanya, “Oke coba lihat! Arti kata “hikmat”. Ada yang hapal surat al-Jumu’ah ayat pertama?” Sebelum ada yang menjawab pertanyaannya, Felix dengan tergesa-gesa menjawab sendiri pertanyaannya itu dengan membaca potongan ayat itu, “Sabbaha lillahi ma fissamawati wal-ardl? سبح لله ما في السموات)( والأرض ” Lalu, seseorang bermaksud menyempurnakan potongan ayat itu, “wa in tubdu ma…” Tetapi karena keliru, atau karena tidak hapal, Felix pun segera menyela, “Bukan! (yakni bukan itu bunyi selanjutnya, tetapi) al-malikulquddus ‘azizul-hakim. Ada kata-kata “hakim”. Hakim artinya adalah orang yang memiliki hikmah”. Tulisnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...