Anggaran Kesehatan Terbatas, Hamka B Kady Gugah Kesadaran Warga Disiplin Protokol Kesehatan

Legislator DPR RI, Hamka B Kady saat berkunjung ke RSUD Labuang Baji. (endra/Fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Anggota DPR RI Hamka Baco Kady menyatakan bakteri dan virus selalu hidup berdampingan dengan manusia. Jika penyebarannya terus berkepanjangan maka anggaran negara dikhawatirkan tidak sanggup menopangnya.

Sehingga Hamka meminta kesadaran penuh masyarakat untuk menjamin kesehatan dirinya dan orang-orang terdekat. Jalan satu-satunya adalah mematuhi protap pencegahan Covid-19 secara disiplin dan ketat.

"Masyarakat juga harus memahami protokol pencegahan Covid, disiplin memakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, seimbangkan kekuatan imun tubuh dan lain-lain," papar Anggota Komisi V DPR RI itu kepada Fajar.co.id, Jumat (3/7/2020).

Hamka menegaskan dengan diterapkannya new normal, maka diharapkan terjadi keseimbangan antara produktivitas ekonomi dan kesehatan tetap terjaga.

"Itu makanya diterapkan new normal, Makassar ini sulit. Kita harus disiplinkan masyarakat untuk pakai masker agar angka kematian bisa ditekan. Yang menjaga adalah diri kita sendiri. Rumah sakit hanya melayani jika ada kasus. Jika ini tidak tertangani baik, kita terancam resesi," katanya lugas.

Yang tak kalah penting menurut politisi Golkar ini adalah memberi pemahaman kepada masyarakat akan mekanisme SOP penanganan pasien di rumah sakit.

"Masyarakat perlu diberi pemahaman bahwa jika pasien datang ke RS, dokter tidak akan menolak tapi butuh juga kejujuran pasien terkait keluhan yang dirasakan. Karena kalau pasien tidak jujur, resikonya tinggi. Jika ada indikasi mengarah Covid, maka sudah tentu RS mengambil tindakan sesuai standar Covid. Perlu ada keterbukaan informasi baik tenaga medis maupun pasien," urainya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...