Berwisata Sambil Belajar di Kampung Penyu

Ekowisata. Rumah Penyu Mampie merupakan tempat wisata sekaligus tempat edukasi tentang penyu. Ditempat tersebut pengunjung bisa mengetahui siklus hidup penyu.

FAJAR.CO.ID, SULBAR – Berwisata tidak selama hanya untuk memanjakan mata saja. Bisa juga menjadi ajang pembelajaran tentang dunia satwa. Rumah penyu Mampie salah satunya.

Objek wisata ini terletak di Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar tidaklah sulit.

Tempat wisata edukasi ini dapat dijangkau kendaraan roda empat atau roda dua dalam 30 menit dari pusat kota Polewali (ibu kota Polman).

Sampai ditempat tersebut pengunjung akan disuguhkan pelbagai informasi tentang dunia penyu. Mulai dari upaya pelestarian, edukasi tentang siklus hidup penyu, hingga larangan dan hukuman bagi yang menangkap penyu.

Jika beruntung pengunjung bisa menemukaan puluhan hingga ratusan anak penyu yang ditangkarkan sebelum dilepas liar ke laut lepas.

Amri Makkaruba mengatakan untuk mengunjungi tempat tersebut alangkah baiknya pada bulan Mei hingga Juni. Pada saat itu adalah puncak musim telur penyu. Saat pengelolah melakukan pencarian sarang penyu bertelur. Jika rawan terendam akan dipindahkan, atau jika rawan digali akan dipagari.

“Nanti setelah menetas, warga akan melepaskan tukik (anak penyu) ke laut. Itu yang mereka lakukan, kadang juga mengajak pengunjung,” kata Amri.

Namun bagi pengunjung yang data diluar musim penetasan penyu tetap bisa merasakan sensasi bertemu dengan penyu. Pengelola telah menyiapkan sejumlah fasilitas buat para pengunjung, salah satunya patung penyu yang menjadi ciri khas tempat wisata ini.

Komentar

Loading...