91 Juta Data Pengguna Tokopedia Dibagikan, Pakar Bilang Ini

Ilustrasi: Pencurian data pengguna internet. (CisoMag)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Awal Mei lalu, Tokopedia dihantam isu kebocoran data 15 juta akunnya. Akun yang membocorkan juga menginfokan memiliki dan akan menjual 91 juta data pengguna Tokopedia.

Kini yang terbaru, pakar keamanan siber Pratama Persadha menemukan, pada Sabtu (4/7) lalu, data pengguna Tokopedia dibagikan secara gratis. Hal ini ia temukan saat salah satu anggota pada group terkait keamanan siber di Facebook memberikan link tautan untuk mengunduh data Tokopedia sebanyak 91 juta data pengguna secara gratis.

Saat ditelusuri, link tersebut bersumber pada salah satu akun bernama @Cellibis di forum Raidsforum yang memang sudah membagikan lebih dulu pada Jumat (3/7) 2020. Akun tersebut membagikan secara hampir cuma-cuma di Raidforums yang sebelumnya dia dapatkan dari cara membeli data tersebut di darkweb sebesar USD5000.

Terkait hal ini, Pratama meminta Tokopedia bertanggung jawab karena data pengguna yang mereka kelola bocor. “Ini membuktikan bahwa Tokopedia benar-benar sudah diretas, tidak seperti penjelasan Tokopedia sebelumnya yang mengatakan ‘hanya’ terjadi upaya peretasan di platformnya,” ungkapnya kepada JawaPos.com.

Adanya 91 juta data yang bocor ini juga dikatakannya berpotensi menjadi dasar tindakan kriminal lainnya. Hal tersebut dikatakannya jika data ini didapatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan memiliki tujuan jahat pula.

“Kalau data ini jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, sangat memungkinkan digunakan sebagai sumber dasar tindakan kriminal. Data yang sudah beredar ini bisa digunakan untuk tindak kejahatan,” beber Pratama.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...