Siti Zuhro: Tentu Jokowi Sudah Tahu Rakyat Tidak Puas pada Pemerintah

Peniliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro,-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianggap langkah tetap. Karena dalam kondisi krisis karena pandemi Covid-19 ini, semua partai pendukung harus solid.

“Ya bagus (sikap PDIP). Berarti partai pendukung yang mendukung beneran. Paling tidak partai menyediakan orang yang kompeten untuk posisi menteri,” kata Peniliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, Minggu (5/7).

Diketahui, di antara kebijakan yang diambil Presiden Jokowi mengatasi Covid-19 adalah mengucurkan stimulus ekonomi untuk rakyat. Presiden bahkan mengevalusai jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju yang dianggap lamban dalam bekerja.

Langkah itu, kata Siti, bisa menjadi angin segar bagi masyarakat, jika sampai Jokowi melakukan perombakan di kabinetnya. Karena reshuffle menjadi suatu keniscayaan bagi Jokow yang ingin memenuhi harapan masyarakat.

“Tentu Jokowi sudah tahu rakyat tidak puas pada pemerintah. Rakyat bahkan sedang mempertanyakan apa kerja pemerintah sekarang. Ini sudah periode kedua, jadi Presiden tidak perlu pakewuh (merasa sungkan),” ucap Siti.

Merujuk pada sikap PDIP yang mendukung penuh kebijakan Presiden Jokowo, termasuk dalam hal evaluasi menteri, Siti mengakatakan parpol pendukung pemerintah juga harus rela bila kadernya di kabinet dievaluasi kinerjanya.

“Harusnya parpol lain menyahuti. Bila ada parpol yang jatah menterinya dikurangi, ya parpol harus terima,” ucap Siti.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...