Di Kota Ini Warga Dilarang Main Gadget Sambil Jalan Kaki

FAJAR.CO.ID — Pemerintah Jepang mengimbau kepada warganya agar tidak lagi menggunakan ponsel saat berjalan di tempat umum. Langkah itu dilakukan untuk melindungi warganya agar tidak terjadi kecelakaan. 

Mengingat banyak pengguna yang main ponsel sambil jalan bisa membahayakan diri sendiri dan sekitar. Dikutip dari NDTV, Senin (6/7), nantinya setiap pengunjung yang tiba di stasiun kereta api di Kota Yamato, Jepang disambut dengan spanduk dan pengumuman aturan baru yang berlaku untuk semua perjalanan kaki. 

Mohon operasikan smartphone setelah kalian berhenti berjalan," kata pengumuman di pengeras suara itu.

Berdasarkan peraturan yang ingin menggunakan ponsel saat di jalan umum diminta untuk berhenti di area di mana mereka tidak mengganggu lalu lintas. Peraturan itu sepertinya mendapatkan dukungan dari warga Yamato baik tua maupun muda. 

Baca Juga: NASA Ciptakan Kalung yang Bisa Berikan Peringatan Sebelum Menyentuh Wajah

"Saya sering melihat orang menggunakan ponsel sambil berjalan. Mereka tidak memerhatikan hal-hal di sekitar mereka. Orang tua mungkin akan sulit menghindari mereka," kata Kenzo Mori, seorang warga Yamato. 

Peraturan ini dibuat setelag adanya studi yang dilakukan kota Yamato pada Januari lalu. Mereka mengawasi 6.000 pejalan kaki dan mendapati 12% pejalan kaki menggunakan ponsel sambil berjalan. (mg9/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...