Gubernur Sulsel Prediksi Puncak Pandemi Terjadi Awal Juli

Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah memprediksi puncak pandemi virus corona akan terjadi pada awal bulan Juli ini.

Sebelumnya, Nurdin bersama Tim Ahli FKM dan Sosiolog Kesehatan Masyakarat memprediksi puncak Covid-19 terjadi pada akhir Juni.

"Tadinya memang, saya minta kepada tim ahli untuk analisa. Menurut mereka puncak pandemi terjadi di akhir Juni, tapi ini kelihatan kita agak jebol, maka akan ada kemungkinan di awal Juli," ucapnya pada Senin (6/7/2020).

Diketahui beberapa hari ini terakhir kurva Covid 19 di Kota Makassar terus mengalami kenaikan. Namun hal tersebut dikarenakan gerakan testing dan tracing yang masif, gencar dilakukan Pemerintah Kota Makassar.

"Kenaikan ini bukan berarti buruk, tapi kenaikan ini karena tracing dan testing masif kita lakukan. Kedua tiada hari tanpa peningkatan kapasitas lab kita, beberapa hari lalu, itu puncak pemeriksaan. Kita capai 2 ribu spesimen perhari, jadi kalau naik sekitar 100 itu wajar," lanjutnya.

Meski terus mengalami kenaikan, Nurdin menengaskan pemerintah khususnya pemerintah Kota Makassar harus bekerja aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, agar kurva penyebaran Covid-19 tidak terus mengalami kenaikan.

"Tapi jangan ini terus naik. Berarti tingkat penularan terus terjadi, maka semakin massifnya testing dan tracing dilakukan serta edukasi, tentu ada backnya. Nanti pasti akan turun asalkan kita bekerja," tegasnya. (anti/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...