Gunung Rinjani Resmi Dibuka untuk Wisatawan

Ilustrasi wisata Gunung Rinjani (Antara)

FAJAR.CO.ID,NTB-- Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat resmi membuka kembali kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara di delapan destinasi wisata non-pendakian. Wisata Gunung Rinjani dibuka lagi setelah ditutup akibat pemberlakuan pembatasan karena pandemi Covid-19.

“Taman Nasional Gunung Rinjani mulai hari ini resmi membuka 8 destinasi wisata nonpendakian,” kata Kepala Balai TNGR, Dedy Asriady dalam konferensi pers di Kantor Dinas Pariwisata NTB di Mataram, Senin.

Ia menyebutkan, delapan destinasi wisata nonpendakian yang dibuka adalah Otak Kokok Joben (Joben Eco Park) dengan kuota maksimal 227 pengunjung per hari; Telaga Biru maksimal 84 pengunjung per hari; Air terjun Jerul Manis maksimal 180 pengunjung per hari; Gunung Kukus maksimal 90 pengunjung per hari; Timbanuh dengan objek wisata Air Terjun Mayung Polak dengan kuota maksimal 60 pengunjung per hari; Savana Propok maksimal 150 pengunjung per hari; dan Air Terjun Mangku Sakti dengan kuota maksimal 90 pengunjung per hari.

“Dari 13 destinasi wisata nonpendakian dan 5 wisata pendakian di tiga kabupaten (Lombok Timur, Lombok Utara, dan Lombok Tengah), hanya 8 destinasi wisata nonpendakian yang dibuka,” ujarnya.

Menurutnya, Balai TNGR akan menerapkan protokol Covid-19 yang ketat terhadap wisatawan yang berkunjung, mulai dari pintu masuk, saat di lokasi wisata maupun saat keluar pintu wisata.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...