Isu Kebocoran Data, Begini Penjelasan Tokopedia

Ilustrasi pencurian data pengguna di jagat maya. (Health IT Security)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Tokopedia kembali diterpa isu kebocoran data. Berkali-kali lipat dari isu sebelumnya yang dikatakan ada sekitar 15 juta data pengguna Tokopedia bocor, kabar terbaru mengatakan ada sebanyak 91 juta data pengguna yang tercecer di internet.

Menanggapi hal tersebut, Tokopedia kembali menyangkal datanya telah bocor. VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak menyampaikan, ada pihak ketiga yang tidak berwenang yang memposting informasi secara ilegal di media sosial dan forum internet.

“Kami menyadari bahwa pihak ketiga yang tidak berwenang telah memposting informasi secara ilegal di media sosial dan forum internet terkait cara mengakses data pelanggan kami yang telah dicuri. Kami ingin menegaskan bahwa ini bukanlah upaya pencurian data baru dan informasi password pengguna Tokopedia tetap aman terlindungi di balik enkripsi,” ungkapnya melalui keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Terkait hal ini, dia melanjutkan, pihaknya telah melaporkan hal ini ke pihak kepolisian. Dirinya juga mengingatkan seluruh pihak untuk menghapus segala informasi yang memfasilitasi akses ke data yang diperoleh melalui cara yang melanggar hukum.

“Tokopedia telah menyampaikan informasi terkait insiden pencurian data ini secara transparan dan berkala kepada seluruh pengguna, berkoordinasi dengan pemerintah dan berbagai pihak berwenang terkait insiden pencurian data ini, dan telah menerapkan langkah-langkah keamanan sesuai standar internasional,” tandas Nuraini.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar