THM di Kota Makassar Dapat Izin Beroperasi dengan Protokol Kesehatan

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah Tempat Hiburan Malam (THM) di Kota Makassar telah buka meski Pandemi Covid masih mewabah.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, Rusmayani Madjid mengatakan, pihaknya memang telah memberi izin untuk beroperasi, tetapi dengan menjaga protokol kesehatan.

“Jadi memang sebelum buka, kita beritahukan untuk mengikuti protokol kesehatannya, dan ternyata mereka mau memenuhi, jadi mereka bisa buka,” katanya saat dihubungi, Minggu (5/7/2020).

Maya sapaan akrabnya, menuturkan bahwa, THM bisa beroperasi dengan menghilangkan beberapa aktivitas yang dihilangkankan yang tidak bisa menerapkan protokol kesehatan.

“Misalnya tidak boleh kapasitasnya 100 persen, harus setengahnya, tidak ada juga live music, tidak ada Dj,” ucapnya.

Jika ada yang melanggar, kata dia, bisa diberikan sanksi berupa penutupan usah hingga dua minggu. Sebelumnya pihak THM telah bersedia mengikuti instruksi dan hal itu merupakan kesepakatan bersama.

“Karena kemarin sebelum buka sudah ada tanda tangan pernyataan. Kalau didapati hal-hal yang tidak sesuai dengan protokol kesehatan, penutupan 14 hari,” ujarnya.

Untuk mengoptimalkan pengawasan terhadap protokol kesehatan di THM, pihaknya tetap berkoordinasi dengan Asosiasi Usaha Hiburan Malam (AUHM).

“Karena kita tidak mungkin juga mengawasi setiap hari. Nanti kita tanyakan asosiasi,” pungkasnya. (ikbal/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar