Usul Presidential Threshold 5%, PKS Ingin Calon Presiden Berkualitas Tanpa ‘Transaksi’ Politik

Senin, 6 Juli 2020 10:59

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera

“InsyaAllah semakin banyak calon berkualitas yang maju, juga kesempatan bagi setiap partai atau gabungan partai untuk memajukan kader terbaiknya. Diharapkan tidak ada lagi ‘transaksi’ politik satu sama lain karena setiap partai, besar atau kecil, memiliki kesempatan yang sama,” jelasnya.

Selain itu, kata Mardani, menurunkan angka 20% ke 5% bukan berarti melemahkan sistem presidensial seperti yang dikhwatirkan beberapa pihak. Justru dengan menurunkan PT, ini adalah langkah memberikan independensi terhadap partai politik serta penguatan sistem kaderisasi internal.

“Perlu diingat, hal terpenting dari sistem presidensial adalah menerapkan mekanisme yang menjunjung tinggi akuntabilitas dan transparansi. Jika hal tersebut tidak diterapkan dengan baik, ada atau tidaknya PT, maka sistem presidensial yang kita harapkan akan sulit terwujud,” ungkapnya.

Dosen Universitas Mercu Buana ini menyebutkan, dengan PT 5% masyarakat dapat lebih berkonsentrasi untuk mengangkat gagasan calon yang diusung sebagai strategi pemenangan. Karena peluang muncul calon-calon yang berkualitas dan memiliki gagasan menjadi terbuka lebar.

Bagikan berita ini:
2
5
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar