Cuek dengan Covid-19, Presiden Brasil Alami Gejala Demam

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menunjukkan gejala demam dan harus dites Covid-19 (BBC)

FAJAR.CO.ID– Presiden Brasil Jair Bolsonaro dikabarkan mengalami gejala demam. Karena itu, pada Senin (6/7) dia harus menjalani tes uji Covid-19. Padahal selama ini sang presiden paling cuek atas pandemi ini. Tak mau pakai masker, menolak memberlakukan lockdown, hingga menutupi data kasus Covid-19.

Uji spesimen itu dilakukan untuk memastikan bahwa Bolsonaro tak tertular Covid-19. Dia pun memiliki gejala lain yang terkait dengan penyakit pernapasan Covid-19 seperti dilansir dari CBC, Selasa (7/7).

Setelah tes dilakukan, Bolsonaro mengatakan kepada para pendukung di luar istana kepresidenan bahwa dia baru saja mengunjungi rumah sakit dan telah dites. Dia menegaskan bahwa hasilnya aman.

“Pemeriksaan telah menunjukkan paru-paru saya bersih,” ujarnya.

CNN Brasil dan surat kabar Estado de S Paulo melaporkan bahwa presiden memiliki gejala penyakit seperti demam.Bolsonaro telah berulang kali menganggap remeh dampak virus, bahkan ketika Brasil telah menjadi salah satu negara terdampak parah dengan lebih dari 1,6 juta kasus yang dikonfirmasi dan 65 ribu kematian.

Bolsonaro sering menentang mengenakan masker di depan umum. Bahkan seorang hakim memerintahkannya untuk melakukannya pada akhir Juni dengan ancaman denda.

Selama akhir pekan, Bolsonaro menghadiri beberapa acara dan berhubungan erat dengan Duta Besar AS untuk Brasil selama perayaan 4 Juli. Kedutaan AS di Brasilia belum memberikan komentar.

Komentar

Loading...