Minta APIP Kerja Profesional, Nurdin Abdullah: Jangan di Ujung Baru Kelihatan Masalahnya

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah meminta Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), bekerja lebih profesional dan memiliki kapabilitas yang mumpuni.

Hal tersebut demi menjalankan dan memperkuat perannya kepada aparatur, khususnya peran pengawasan yang mengedepankan pencegahan.

"APIP akan saya benahi, kita akan kembangkan orang-orang yang bisa menjaga kita, bisa menjadi benteng kita, menjadi intern kita," ucapnya di Kantor BPK RI Sulsel usai penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK atas laporan keuangan Pemprov Sulsel tahun anggaran 2019, Selasa (7/7/2020).

Menurutnya kinerja APIP harus lebih ditingkatkan, setiap 3 bulan harus dievaluasi.

"Kalau APIP jebol, maka malapetaka bagi kita. Jangan nanti di ujung baru kelihatan masalahnya, tapi kalau APIP kuat melakukan audit internal setiap 3 bulan saya yakin bisa sempurna," bebernya

Tidak hanya itu, ia juga menekankan anggaran bukan hanya sekedar pertanggungjawaban, melainkan asesmen manfaat anggaran itulah yang sangat penting.

"Bukan hanya sekedar belanja terus dipertanggung jawabkan, bukan. Misalnya APBD kita Rp10 triliun, apa yang kita sudah hasilkan? Bagaimana impeknya terhadap kesejahteraan, ekonomi, kenyamanan masyarakat, layanan publik dan sebaginya?," jelas Nurdin.

"Makanya saya berharap seluruh elemen pemerintahan ini, melihat APBD itu bukan untuk dihabiskan. Jangan kita berpikir bagaimana bisa menghabiskan. Tapi kita pikir bagaimana bisa menghasilkan, bagaimana bisa mensejahterakan masyarakat," tandasnya. (anti/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...