Ruang Terbuka Pada Semua Sudut

Hikmah memilih konsep ruang terbuka keluarga bisa berkumpul. (FOTO: EDWARD/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ruang terbuka di dalam rumah semakin dibutuhkan oleh masyarakat modern. Sebab bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Terutama yang sifatnya lebih privasi. Seperti mulai dari tempat bersantai, berkumpul, juga sekadar pemandangan tambahan, hingga tempat memasak.

Berbeda sifatnya dengan area terbuka yang terletak di pekarangan depan rumah. Untuk itu, banyak rumah yang sekarang membuat courtyard.

Istilah courtyard dalam dunia arsitektur merujuk kepada ruang terbuka yang dikelilingi oleh bangunan. Courtyard juga sering disebut sebagai taman di tengah bangunan atau taman di dalam rumah.

Konsep ini yang diusung oleh salah satu rumah yang ada di Bumi Tamalanrea Permai (BTP). Hampir setiap sudut di lengkapi dengan areal terbuka. Bahkan dilengkapi dengan rooftop.

Pemilik, Hikmah mengatakan, konsep ruang terbuka yang dipilih oleh keluarganya sengaja dirancang agar bisa mengajak teman dan atau keluarganya untuk bisa berkumpul. Jika jumlah sedikit dilakukan di ruang terbuka pada bagian sudut rumah. Namun jika banyak orang dilakukan di rooftop.

"Kakakn sepupu saya itu sering mengajak teman dan kolega bisnisnya untuk melakukan pertemuan. Dia sering bikian acara bakar-bakar yang dilengkapi dengan musik," akunya.

Hikmah menjelaskan untuk membangun konsep rumah yang banyak bukaan tersebut tidak dilakukan secara langsung. Namun bertahap. Modelnya tidak seragam. Pemilihan modelnya dilakukan berdasarkan hasil perjalanan yang dilakukan saat di luar negeri atau saat melakukan kunjungan rekresi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...