Tjahjo Kumolo Umumkan Rekrutmen CPNS 2 Tahun Ditiadakan


FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pandemi Covid-19 berdampak luas di berbagai sektor. Bukan hanya soal kesehatan dan ekonomi, tapi juga rencana rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2020 dan 2021.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa tidak akan ada pembukaan penerimaan maupun seleksi CPNS pada 2020 dan 2021 mendatang. “Rekrutmen CPNS, 2 tahun ini tidak ada,” ungkap dia ketika berada di kawasan Gedung DPR RI, Senin (6/7).

Sedangkan untuk program sekolah kedinasan seperti Akademi Kepolisian dan Akademi Militer akan tetap berjalan seperti biasa di 20201. “Kedinasan yang memang sudah terprogram seperti Akpol, Akmil itu tetap di 2021,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo juga meminta agar ada penyederhanaan birokrasi. Dengan begitu, kebutuhan pegawai pun dapat diisi melalui PNS yang sudah ada.

Selain itu, tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) dikabarkan bakal digelar Agustus sampai Oktober mendatang. Namun, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan kabar yang beredar di masyarakat itu belum resmi.

Dia mengatakan BKN sampai saat ini belum menetapkan jadwal pelaksanaan SKB. ’’Nanti kalau sudah keluar (keputusannya) akan kami sampaikan ke publik,’’ katanya Minggu (5/7). (jpc/fajar)

loading...

Komentar

Loading...