70 Tenaga Kesehatan di Sulsel Terpapar Covid-19, Mendagri Sarankan ini Ke Pemda

Mendagri Tito Karnavian. (Dok. Humas Sulsel)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Pengarahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Gugus Tugas Covid 19 di Provinsi Sulsel, digelar di Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Rabu (8/7/2020).

Dalam arahannya, Tito Karnavian, mengatakan banyaknya tenaga kesehatan yang terjangkit virus corona, bukan melalui droplet, melainkan karena terjadinya kontak langsung melalui objek.

"Kalau hanya lewat droplet, masih bisa dijaga misalnya jaga jarak 1 meter. Tapi kalau melalui objek, ini yang agak susah," ucapnya.

"Misalnya benda yang sudah dipegang sama orang yang positif terus kita pegang lagi, atau di restoran, sendoknya dipegang sama yang positif sehingga kita yang negatif pasti ikut tertular," lanjut Tito.

Sebelumnya diketahui, sebanyak 70 tenaga kesehatan di Sulsel terpapar virus Covid 19 dan 60 persen diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Lebih jauh ia menyarankan, agar upaya sosialisasi dalam meminimalisir virus corona lebih ditingkatkan. Salah satunya dengan berjemur di bawah sinar matahari.

"Sabtu minggu berjemur, pakaian dijemur, selimut, kursi, itu salah satu cara membunuh kuman dengan disinfektan alami," jelasnya.

Ia juga menekan untuk menghindari kerumunan sosial serta mengurangi tradisi cium tangan atau salaman, khususnya kepada masyarakat lanjut usia dan memiliki penyakit bawaan atau komorbit. (anti/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...