Bank Mandiri Dukung Akselerasi PEN, Bantu UMKM

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Bank Mandiri Wilayah X/ Sulawesi dan Maluku juga fokus mendukung program Pemulihan Ekomomi Nasional (PEN). Program PEN diharapkan dapat memperpanjang "nafas" UMKM dan meningkatkan kinerja yang berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

Regional CEO Bank Mandiri wilayah X/ Sulawesi dan Maluku Angga Erlangga Hanafie mengatakan, berbicara PEN tidak bisa hanya satu sektor saja, misalnya pengusaha, tetapi juga harus dari pihak regulator.

Diharapkannya agar ada sinergi dan kolaborasi yang baik dari berbagai pihak yaitu pemerintah daerah, regulator, pelaku bisnis dan perbankan menjadi kunci sukses PEN.

“Harapannya, kami Bank Mandiri dapat memberikan kontribusi terbaiknya untuk kemajuan bangsa dan percepatan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi ini," harap Angga dalam diskusi Talkshow virtual meeting dengan tema “Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Dalam diskusi tersebut hadir Pengamat Ekonomi, Prof. Marsuki DEA. Guru Besar FEB Unhas dan Rektor IBK Nitro ini menjelaskan, bahwa perlu perjuangan lebih kuat untuk perlahan memulihkan perekonomian. Khususnya Sulsel yang pertumbuhan ekonominya relatif lebih kecil dibandingkan dengan wilayah lainnya di masa pandemi.

“Penyerapan program stimulan dari pemerintah untuk UMKM juga dinilai masih lambat sekali, masih di angka 22,74 persen dari total dana yang disipakan pemerintah," terang Prof Marsuki.

Sekda Sulsel, Abdul Hayat Gani menjelaskan, kalau pemerintah daerah Sulsel telah menyiapakan beberapa startegi pemulihan ekonomi dengan melakukan inovasi. Antara lain melalui program lumbung daging, peningkatan ekspor, alih teknologi pertanian, pengembangan sektor peternakan dan pariwisata serta optimalisasi dukungan terhadap UMKM.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...