Duka Dunia Hiburan! Musisi Senior Ennio Morricone Meninggal

Ennio Morricone. Foto: enniomorricone.org

FAJAR.CO.ID, ROMA — Pembuat musik kenamaan asal Italia, Ennio Morricone meninggal dunia pada Senin waktu Roma, di usia 91 tahun. Morricone dikenal sebagai komposer yang banyak menghasilkan lagu untuk film nominasi Oscar.

Mengutip Nytimes, kematian Ennior diungkap oleh pengacaranya, Giorgio Assumma.

Dalam pernyataannya, Giorgio mengungkap jika sang musikus meninggal di rumah sakit di Roma, Italia usai terjatuh dan mengalami patah tulang paha. Di industri film, nama Ennio cukup diagungkan.

Ia diakui memiliki talenta unik dalam membuat musik scoring untuk berbagai genre film, mulai dari komedi, thriller hingga sejarah. Pria yang dilahirkan pada November 1918 itu dinobatkan sebagai salah satu musisi paling berpengaruh di sejarah dunia musik.

Morricone memulai kariernya dengan menjadi teknisi alat musik di RCA pada tahun 1950an. Namanya mulai dikenal setelah merangkai musik untuk film-film koboi Hollywood yang mengambil gambar di Italia.

Ia juga menulis lagu resmi untuk perayaan Piala Dunia FIFA 1978.

Musisi Selama 40 tahun berkarya, Ennio sudah membuat banyak scoring untuk film-film populer. Sebut saja La Cage aux Folles (1978) arahan Edouard Molinaro, The Untouchables (1987) dari De Palma, Frantic (1988) karya Roman Polanski hingga The Hateful Eight (2015) yang disutradarai Quentin Tarantino.

Banyak penghargaan bergengai yang diterima Morricone, Piala Oscar juga Golden Globes. (jpnn/fajar)

Komentar

Loading...