Harapan Menteri Tito Karnavian Soal Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020

Mendagri Tito Karnavian. (Dok. Humas Sulsel)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Tito Karnavian berharap, tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada tahun 2020 mencapai target di atas 50 persen.

"Tapi kalau bisa, kita sama seperti Pilpres yaitu 82 persen, alhamdulillah lebih bagus lagi," ucapnya, usai menghadiri Rakor Pilkada 2020 di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (8/7/2020).

Menurutnya, semakin tinggi tingkat partisipasi pemilih, maka potensi untuk terpilih menjadi kepala daerah juga kuat.

"Makin tinggi partisipasi pemilih menunjukkan, bahwa legitimasi yang terpilih nanti sangat kuat untuk menjadi kepala daerah," bebernya.

"Justru sebaliknya, makin rendah, ya memang menang tapi legitimasi dukungan untuk kepala daerah itu juga rendah sehingga nanti pemilihannya tidak kuat," lanjut Tito.

Kendati demikian, Ia mengaku, Pilkada yang digelar di tengah pandemi virus corona justru menjadi tantangan baru, khususnya bagi kepala daerah yang akan terpilih.

"Kita tidak ada yang tahu virus ini kapan hilangnya, justru dengan adanya Covid 19 bisa jadi persaingan konteks yang sehat dalam menekan laju penyeberan corona, karena ini semua dinamis. Kondisi saat ini tidak bisa dijadikan patokan, makanya kalau tidak mampu ya dia tidak akan terpilih, jadi kita bisa lihat kinerjanya" ungkapnya. (anti/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...