Kabar Baik dari Dokter Reisa Broto Asmoro soal Vaksin Covid-19

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional, dr Reisa Broto Asmoro, mengklaim tim peneliti Indonesia siap memproduksi vaksin Covid-19 secara masal pada 2021 (BNPB)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Meski peneliti dunia sedang berupaya menemukan vaksin Covid-19, peneliti Indonesia tak mau ketinggalan juga berambisi menemukan vaksin. Saat ini sudah ada 5 kandidat vaksin yang sedang diteliti di sejumlah negara di dunia seperti Amerika Serikat dan Tiongkok.

Peneliti Indonesia juga sedang berupaya untuk menemukan vaksin yang bisa diproduksi masal.

Hal itu ditegaskan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro. Dia mengklaim tim peneliti Indonesia siap memproduksi vaksin Covid-19 secara masal pada 2021.

“Vaksin siap diproduksi masal pertengahan 2021. Mari dukung bersama. Vaksinasi berikan kekebalan buatan bagi tubuh untuk melawan Covid-19,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (7/7).

Vaksin akan diutamakan pada populasi berisiko yakni kaum lansia dan mereka dengan penyakit penyerta. Sejumlah perusahaan vaksin di Indonesia, disebut dr Reisa, juga bekerja sama dengan perusahaan Korea Selatan.

“Ini bukti bukan hanya kita gotong royong. Kita patut optimis bahwa kita bisa menyelesaikan vaksin sendiri,” ujar dr Reisa.

Menurutnya, calon vaksin di Indonesia sudah berhasil melewati 8 tahapan. Dan tinggal menuju 7 langkah lagi namun membutuhkan waktu yang lebih lama.

“Kita berusaha memproduksi vaksin sendiri untuk melindungi bangsa,” jelasnya.

Menurutnya tentu saja vaksin dari negara lain tetap bermanfaat bagi masyarakat tanah air yang juga tetap dinanti bersama. Banyaknya kandidat vaksin, kata dia, menjadi berita yang menggembirakan bagi dunia kesehatan.

Komentar

Loading...