Kabar Baik! Indonesia akan Produksi Vaksin Covid-19 Pertengahan 2021

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional, dr Reisa Broto Asmoro, mengklaim tim peneliti Indonesia siap memproduksi vaksin Covid-19 secara masal pada 2021 (BNPB)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Indonesia akan memproduksi vaksin lokal untuk virus Covid-19. Tim Komunikasi Publik GT PPC-19 Nasional dr. Reisa Broto Asmoro terangkan, vaksin tersebut tengah dikembangkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi.

Reisa menjelaskan, dari pernyataan Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Kemenristek Prof. Ali Ghufron Mukti, vaksin tersebut akan hadir tahun depan. Diperkirakan Indonesia akan memproduksi vaksin Covid-19 pada pertengahan tahun 2021.

Bilamana vaksin tersebut sudah berhasil diciptakan, akan diprioritaskan kepada populasi risiko. Dan juga kepada mereka yang memiliki penyakit penyerta.

Baca Juga:

Reisa mengatakan, dari 15 tahapan yang harus dipenuhi, calon vaksin lokal sudah berhasil melalui 8 tahapan dan akan menuju ke tahapan berikutnya dalam waktu yang cukup lama. Menurut dia, vaksin lokal tersebut diprioritaskan diberikan untuk kelompok usia lanjut dan mereka yang memiliki penyakit penyerta.

"Kita yang masuk populasi ini memerlukan sekali perlindungan dari Covid-19 dan upaya ini tidak sendiri," ucap dia.

Selain itu, Reisa mengatakan, ada beberapa jenis calon vaksin yang mulai diuji coba kepada manusia dan beberapa calon vaksin dalam tahap uji klinis.

"Lima calon vaksin di tiga negara yakni di China, 3 di Amerika Serikat dan 2 di Inggris. Dua uji coba dilakukan pada tempat di Australia, Jerman, dan Rusia," kata Reisa. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...