Zuhairi Misrawi: Ada yang Ingin Mengaburkan Pemikiran Bung Karno

Rabu, 8 Juli 2020 13:32

Ketua DPP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Zuhairi Misrawi menyatakan ada kesalahpahaman dengan konsep Ketuhanan yang ...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Zuhairi Misrawi menyatakan ada kesalahpahaman dengan konsep Ketuhanan yang Berkebudayaan. Bahkan, sampai muncul tudingan bahwa PDIP berniat menghapus sila Ketuhanan Yang Maha Esa di Pancasila.

“Ada yang ingin mengaburkan pemikiran dan jasa Bung Karno dalam menggali Pancasila. Padahal Bung Karno dalam Pidato Pancasila 1 Juni 1945 menegaskan pentingnya Ketuhanan Yang Maha Esa,” kata Zuhairi dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com (grup fajar.co.id), Rabu (8/7).

Kelompok itu, kata Zuhairi, berupaya secara sistematis, masif, dan terstruktur menyebarluaskan informasi yang menyesatkan dan menebarkan fitnah terhadap khazanah pemikiran Bung Karno.

Untuk memahami Ketuhanan yang Berkebudayaan, Zuhairi menjelaskan bahwa Bung Karno menyatakan hal berikut. ‘Bangsa Indonesia bukan saja bertuhan, tetapi masing-masing orang Indonesia hendaknya bertuhan dengan Tuhannya sendiri. Yang Muslim bertuhan menurut petunjuk Nabi Muhammad SAW. Yang Kristen menyembah Tuhan menurut petunjuk Isa al-Masih. Yang Budha menjalankan ibadatnya menurut kitab-kitab yang ada pada mereka, dan begitu seterusnya agama-agama yang lain. Marilah kita semuanya bertuhan. Hendaknya negara Indonesia adalah negara yang tiap-tiap orangnya dapat menyembah Tuhannya dengan cara yang leluasa’.

Bagikan berita ini:
1
9
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar