Antisipasi Penumpukan Kendaraan, Pemkot Perbanyak Jumlah Petugas Jaga

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan memperbanyak petugas yang akan berjaga untuk menghindari penumpukan kendaraan saat pemeriksaan surat keterangan bebas covid di perbatasan.

Asisten I Kota Makassar, M Sabri mengatakan, pihaknya terus mematangkan skema pemeriksaan di perbatasan kota. Khususnya bagaimana proses pemeriksaan dapat berjalan cepat agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang panjang.

"Memang ini gampang-gampang susah. Karena kita akan melakukan pemeriksaan kolektif yang membutuhkan waktu. Makanya kita terus matangkan skenarionya," ujarnya, Kamis (9/7/2020).

Pembatasan pergerakan orang yang hendak masuk ke Kota Makassar masih akan disosialisasikan, Kamis (9/7/2020). Uji coba baru akan dilakukan Jumat (10/7/2020) dan efektif diterapkan pada Sabtu (11/7/2020) mendatang.

Salah satu yang akan ia dorong dengan memperkuat jumlah personel yang bertugas melakukan pemeriksaan di perbatasan. Akan disiapkan paling sedikit 30 personel dalam satu pos pemeriksaan untuk mengifisienkan waktu pemeriksaan.

"Waktu PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) lalu hanya 20-an personel yang stanby di perbatasan. Kalau sekarang kita akan coba paling tidak 1 peleton supaya prosesnya lebih cepat," beber Ketua Satgas Penegakan Disiplin Gugus Tugas Covid-19 Makassar itu.

Berdasarkan hitungan sementara, pemeriksaan bisa memakan waktu sekitar 30 detik hingga 1 menit untuk satu kendaraan. Bisa lebih bergantung muatan kendaraan. Namun tidak menutup kemungkinan juga kurang dari itu.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...