Kemendikbud Rekrut Guru PPPK, Titi Purwaningsih Bilang Guru Honorer K2 Was-was

Ketum Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih -- jpnn

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kebijakan Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk merekrut guru PPPK (Pegawal Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dari honorer dan lulusan PPG (Pendidkan Profesi Guru) disambut sukacita.

Namun, ada harapan agar ada formasi khusus untuk guru honorer K2. “Alhamdulilah ada rekrutmen PPPK lagi bagi guru honorer. Namun, karena dibuka juga untuk lulusan PPG otomatis guru honorer K2 akan bersaing dengan umum. Nah, ini yang membuat guru honorer K2 waswas, jangan-jangan enggak lulus lagi,” kata Ketum Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih kepada JPNN.com (grup fajar.co.id), Kamis (9/7).

Agar peluang guru honorer K2 tetap besar, Titi meminta Kemendikbud memberikan formasi khusus bagi guru honorer K2. Sebab, masih 120 ribuan guru honorer K2 belum diangkat menjadi PPPK.

“Tolong, jangan diadu guru honorer K2 dengan lulusan PPG. Berikan formasi khusus bagi guru honorer K2,” ucapnya.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR RI, Rabu (8/7), Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril mengungkapkan, pemerintah akan melakukan rekrutmen guru PPPK tahun depan. PPPK ini akan mengisi kebutuhan guru di pusat dan daerah.

Rekrutmen PPPK juga terbuka untuk umum. Artinya tidak hanya untuk guru honorer.

“Jadi guru honorer yang terdaftar di data pokok Kependidikan (dapodik) dan bagi lulusan PPG (pendidikan profesi guru) bisa daftar PPPK,” terangnya.

Komentar

Loading...