Proyek RSUD Syekh Yusuf, Ditender Empat Kali, Dimenangkan Dua Perusahaan Tetapi Satu Pemilik

Warga melintas di depan RSUD Syekh Yusuf Gowa. (Nurhadi/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, GOWA-- Pembangunan gedung RSUD Syekh Yusuf sudah empat kali tender. Anggaran dihabiskan sudah Rp118,4 miliar. Pemenangnya hanya dua perusahaan ini, PT Tene Jaya dan PT Harfia Graha Perkasa.

PT Tene Jaya sebagai pemenang tender sebanyak tiga kali. Dimulai Agustus 2017 untuk pemasangan tiang pancang. Anggaran habis Rp19,2 miliar. Kemudian pada 2019 kelola anggaran Rp20 miliar, dan 2020 Rp39,8 miliar.

Pemilik perusahaan PT Tene Jaya bernama Kaharuddin. Kantornya di Jalan Tumanurung, Ruko STC B9, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Perusahaannya gagal menang pada 2018. PT Harfia Graha Perkasa yang keluar sebagai pemenang tender dengan anggaran Rp39,4 miliar.

Pemilik perusahaan ini bernama Sahar Sewang. Kantornya di Jalan Andi Tonro No.45, Sungguminasa. Sayangnya, PT Tene Jaya justru dikendalikan Sahar Sewang sebagai pelaksana. Hanya saja, pengendaliannya tak ada yang menyadari.

"Kalau itu betul terjadi, monopoli namanya," kata Wakil Ketua DPRD Gowa, Andi Tenri Indah, Rabu (8/7/2020).

Namun, Andi Indah Tenri hanya menginginkan setiap pekerjaan dilakukan maksimal. Agar setiap bangunan hasilnya berkualitas. "Saya ini mau lihat Gowa lebih baik lagi," bebernya.

Direktur PT Tene Jaya, Kaharuddin membantah perusahaannya digunakan Sahar Sewang. Bahkan, Sahar sama sekali bukan bagian dari perusahaannya.

"Ah tidak (dikerjakan Sahar Sewang). Komisaris saya itu Umar (Umar Sahar). Tidak enak bicara lewat telepon. Nanti kita ketemu. Besoklah," kata Kaharuddin.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...