Seribuan Siswa Positif Covid-19, Kompleks Secapa TNI AD Diisolasi

ILUSTRASI: Pusdik Secapa TNI-AD di Bandung diisolasi setelah menjadi klaster baru kasus positf Covid-19. (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, BANDUNG — Kasus positif infeksi Covid-19 lagi-lagi mencetak rekor terbaru dengan penambahan 2.567 orang pada periode 8 hingga 9 Juli. Jumlah itu lebih dari dua kali lipat rata-rata pertumbuhan kasus seribu orang per hari dalam dua pekan terakhir.

Dua provinsi menyumbang kasus terbanyak, yakni Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur (Jatim). Untuk kali pertama dalam dua pekan terakhir, Jabar melewati Jatim yang memuncaki klasemen penyumbang kasus terbanyak dengan 962 kasus baru.

Meski demikian, Jatim masih memberikan sumbangan yang besar, yakni 517 kasus baru. ’’Pertambahan cukup tinggi di Jawa Barat. Namun, di saat yang sama juga dilaporkan 27 orang sembuh,’’ kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto kemarin (9/7).

Jatim, lanjut Yuri, mencatat 517 kasus baru, tapi juga dengan 263 kasus sembuh. ’’DKI Jakarta 284 orang kasus baru dengan 221 orang sembuh,’’ tambah Yuri.

Dari analisis epidemiologi, sebuah klaster penularan baru tercipta di kawasan Pusat Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI Angkatan Darat di Bandung, Jawa Barat. Klaster itu, kata Yuri, dipantau sejak 29 Juni. Sejak saat itu, klaster tersebut menyumbang lebih dari seribu kasus terkonfirmasi positif.

’’Adapun dari hasil penyelidikan epidemiologi tersebut didapatkan 1.262 kasus positif Covid-19 yang terdiri atas peserta didik dan beberapa tenaga pelatih di sana,’’ jelas Yuri.

Komentar

Loading...